Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Susu Kambing Obat Asam Urat

Apa yang menyebabkan asam urat ? Yang dimaksud dengan asam urat adalah kristal-kristal yang terbentuk sebagai hasil metabolisme zat purin (bentuk turunan dari nukleoprotein). Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup. Purin terdapat pada tubuh kita, terdapat pula pada makanan dari hewan dan tumbuhan ( daging, jeroan, sayur, buah, kaang, dsb ). Selain itu, purin juga bisa dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun karena penyakit tertentu.
Saat kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari tubuh mkhluk hidup, zat purin yang terkandung didalamnya ikut berpindah ke dalam tubuh kita. Makanan yang masuk akan diolah oleh tubuh, melalui proses metanolisme dan menghasiljan asam urat. Jadi setiap orang mempunyai asam urat dalam tubuhnya.
Penyakit asam urat terjadi jika kadar asam urat berlebihan (karena purin yang masuk terlalu banyak). Tubuh manusia sudah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari, yang berarti kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%.
dalam kondisi normal, asam urat yang dihasilkan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urine dan fases (tinja/kotoran). Proses pembuangan ini diatur oleh ginjal, yang berfungsi mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh. Namun, jika kadar asam urat berlebihan, ginjal akan kewalahan dan tidak sanggup mengaturnya sehingga kelebihan kristal asam urat tersebut akan menumpuk pada sendi dan jaringan. ini sebabnya persendian kita terasa nyeri dan bengkak. pada kasusu yang parah, penderita sampai tidak bisa jalan karena persendian terasa sangat sakit jika bergerak.

KENALI GEJALA ASAM URAT

Nyeri sendi merupakan indikator utama asam urat, tapi rasa ngilu pada persendian belum tentu disebabkan oleh asam urat. Berikut adalah sejumlah gejala yang patut anda waspadai. Jika anda merasakan tanda-tanda berikut, besar kemungkinan anda terkena penyakit asam urat :
  • Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan membengkak dan berwarna kemerahan (meradang).
  • Biasanya persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
  • rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang.
  • Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan, dan siku.
  • Pada kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat bergerak
Untuk memastikan anda harus melakukan pemeriksaan laboratorium. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 - 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 - 6 mg/dl.
Penyakit asam urat biasanya diderita pria berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah menopause.
Jika penyakit asam urat dibiarkan tanpa pengobatan, maka dapat menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal. Di sekitar sendi juga bisa keropos / mengalami pengeroposan tulang.

PANTANGAN BAGI PENDERITA ASAM URAT
Mengurangi makanan yang mengandung banyak zat purin antara lain:
  1. Jeroan : ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru, dan otak
  2. Sea food : Udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  3. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  4. Makanan yang sudajh dikalengkan ( contoh: kornet sapi, sarden )
  5. Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  6. bebek, angsa, kalkun
  7. Kacang-kacangan: kacang kedelai ( termasuk hasil olahan. seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  8. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  9. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  10. Buah-buahan : Durian, nanas, dan air kelapa
  11. makana yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin / mentega.
SARAN
Banyak-banyak minum air putih (teruitama bagi mereka yang mempunyai batu ginjal). Air putih akan membantu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine. Kurangi konsumsi alkohol
TIPS TAMBAHAN
  1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. seperti jeruk, pepaya dan strawberry
  3. Contoh buah dan sayuiran untuk mengobati penyakit asam urat : buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
  4. Perbanyak konsumsi karbohidrat komplek seperti: Nasi, singkong, roti dan ubi
  5. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, sirup
  6. jangan minum aspirin
  7. Jangan bekerja terlalu keras/ kelelahan
  8. Bagi yang gemuk turunkan berat badan dengan berolah raga yang cukup
  9. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan berdasarkan tinggi dan berat badan
OBAT ALAMI ASAM URAT
Bagi anda yang sudah terlanjur menderita asam urat berlebih, sangat disarankan untuk selelu mengkonsumsi susu kambing etawa. Karena pada susu kambing etawa terdapat unsur mineral natrium (Na) dan klorida (Cl) yang tinggi. Kedua, unsur kimia tersebut membantu kerja ginjal dalam menyeimbangkan volume cairan dan elektrolit tubuh. Dengan pemberian susu kambing, keseimbangan asam dan basa tubuh bisa dipelihara, dengan baik sehingga komposisi kimia darah terjaga. Minum secara rutin 3 kali sehari. Pagi, siang dan malam menjelang tidur. InsyaAlloh anda akan terbebas dari penyakit asam urat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini berguna bagi kita semua. amin..